SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/MI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI/2
Tema : Lingkungan
Sub Tema : Lingkungan Sekolah
Fokus : Menulis
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen | |||||||
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas. | Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat. | Kognitif Produk · Merumuskan isi puisi yang dibaca. · Menentukan topik puisi yang akan ditulis. Kognitif Proses · Menjelaskan isi puisi yang dibaca · Mengomentari isi puisi yang dibaca. · Menganalisis unsur-unsur puisi yang dibaca · Merumuskan topik puisi yang akan ditulis Psikomotor · Menuliskan kesan visual tentang benda tertentu yang dilihat/diamati di lingkungan sekolah. · Mengubah kesan visual terhadap benda-benda sekitar sekolah menjadi puisi. · Menulis puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat. · Membacakan puisi yang telah dibuat dengan ekspresif Afektif Mengembangkan perilaku karakter, meliputi: · Mampu menjadi teman kerja yang menyenangkan · Mampu menjadi ketua/anggota yang santun dan berempati · Mampu untuk saling mengerti dan menghargai pendapat orang lain · Mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab 2.Mengembangkan keterampilan sosial · Mampu menggali dan menemukan informasi (information searching),melalui pengamatan · Mampu mengolah informasi dan mengambil keputusan secara cerdas (information processing and decision making skills), · Mampu berkomunikasi secara lisan(dalamberdiskusi) · Mampu berkomunikasi secara tertulis (menulis puisi) | Menulis Puisi Bebas Berdasarkan hasil Pengamatan | 1. Kegiatan Awal (± 10 menit) a. Mengkondisikan Kelas 1) Absensi 2) Berdoa 3) Apersepsi Pembelajaran diawali dengan tanya jawab tentang puisi. Guru membagikan teks puisi kepada siswa dengan tema lingkungan. Siswa diminta membaca dalam hati puisi yang telah dibagikan. 2. Kegiatan Inti (± 45 menit) a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok b. Setiap kelompok ditugaskan berdiskusi untuk menentukan unsur-unsur instrinsik puisi yang telah dibaca (tema, pengimajian, nada, dan gaya bahasa) c. Setiap perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas dan kelompok yang lain menanggapi. d. Guru memancing kepekaan perasaan dan pengetahuan siswa tentang isi puisi yang ditulis. e. Guru memberi penguatan tetang konsep puisi dan langkah-langkah menulis puisi. f. Setelah siswa memahami cara-cara menulis puisi lalu siswa diajak keluar kelas. Siswa diminta mengamati benda-benda yang ada di lingkungan sekolah g. Siswa secara individual diminta mengungkapkan kesan visual tentang benda yang dilihatnya di lingkungan sekolah dengan menggunakan kata-kata kongkrit. Kemudian siswa kembali masuk ke kelas. h. Setelah di dalam kelas siswa diminta secara individual untuk mengubah kesan visual menjadi puisi sederhana. i. Setelah selesai membuat puisi, secara berpasangan siswa diminta untuk saling membaca puisi yang ditulis dan saling memberi masukan. j. Siswa memperbaiki puisinya berdasaran masukan teman. k. Siswa mendisplay puisi yang dibuat di dinding kelas. l. Siswa berkeliling membaca puisi karya teman-teman. m. Siswa secara bersama-sama menentukan/memilih puisi yang paling baik. n. Siswa yang puisinya terbaik diberi penghargaan oleh guru dan diminta membacakan puisinya di depan kelas. o. Siswa yang puisi terbaik diminta membacakan puisinya di depan kelas. 1. Kegiatan Akhir (± 15 menit) a. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari. b. Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa bagaiman perasaaan siswa belajar hari ini. c. Guru mengumpulkan puisi siswa dan menilainya. d. Tindak lanjut. | Tes Tes Tes Pengamatan Pengamatan | Tes Lisan Asesmen Kinerja Proses Asesmen kinerja psikomotor Pengamatan Perilaku Berkarakter Pengamatan | LP 1:Proses LP2: Proses LP 3: Produk LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial | 2x 35 menit | · LKS SD: Kesan visual berdasarkan Pengamatan · Kunci LKS · LP 1: Produk · LP 2: Proses · LP 3: Psikomotor · LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter · Tabel Spesifikasi Penilaian · Silabus |