SILABUS

Satuan Pendidikan                : Sekolah Dasar/MI
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                       : VI/2
Tema                                      : Lingkungan
Sub Tema                             : Lingkungan Sekolah
Fokus                                     : Menulis
Alokasi Waktu                     : 2 x 35 menit


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk  ringkasan,   laporan dan puisi bebas.
Menulis  puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.

Kognitif
Produk           
· Merumuskan isi puisi  yang dibaca.
·  Menentukan topik puisi yang akan ditulis.
Kognitif
Proses
· Menjelaskan isi puisi yang dibaca
·  Mengomentari isi puisi yang dibaca.
· Menganalisis unsur-unsur puisi yang dibaca
· Merumuskan topik puisi yang akan ditulis

Psikomotor
· Menuliskan kesan visual tentang benda tertentu yang dilihat/diamati di lingkungan sekolah.

· Mengubah kesan visual terhadap benda-benda sekitar sekolah menjadi puisi.

· Menulis  puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
· Membacakan puisi yang telah dibuat dengan ekspresif
Afektif
Mengembangkan perilaku karakter, meliputi:
· Mampu menjadi    teman kerja yang menyenangkan
· Mampu menjadi ketua/anggota yang santun dan berempati
· Mampu untuk saling mengerti dan menghargai pendapat orang lain
· Mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab
2.Mengembangkan keterampilan sosial
· Mampu menggali dan menemukan informasi (information searching),melalui pengamatan
·  Mampu mengolah informasi dan mengambil keputusan secara cerdas (information processing and decision making skills),
· Mampu berkomunikasi secara lisan(dalamberdiskusi)
· Mampu berkomunikasi secara tertulis (menulis puisi)



Menulis Puisi Bebas Berdasarkan hasil Pengamatan


1. Kegiatan Awal (± 10 menit)
a.     Mengkondisikan Kelas
1)   Absensi
2)   Berdoa
3)   Apersepsi
Pembelajaran diawali dengan tanya jawab tentang puisi. Guru membagikan teks puisi kepada siswa dengan tema lingkungan. Siswa diminta membaca dalam hati puisi yang telah dibagikan.

2.    Kegiatan Inti (± 45 menit)

a.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
b.   Setiap kelompok ditugaskan berdiskusi untuk menentukan unsur-unsur instrinsik puisi  yang telah dibaca (tema, pengimajian, nada, dan gaya bahasa)
c.    Setiap perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas dan kelompok yang lain menanggapi.
d.   Guru memancing kepekaan perasaan dan pengetahuan siswa tentang isi puisi yang ditulis.
e.    Guru memberi penguatan tetang konsep puisi dan langkah-langkah menulis puisi.
f.     Setelah siswa memahami cara-cara menulis puisi lalu siswa diajak keluar kelas. Siswa diminta  mengamati benda-benda yang ada di lingkungan sekolah
g.   Siswa secara individual diminta  mengungkapkan kesan visual tentang benda yang dilihatnya di lingkungan sekolah dengan menggunakan kata-kata kongkrit. Kemudian siswa kembali masuk ke  kelas.
h.   Setelah di dalam kelas  siswa diminta  secara individual untuk mengubah  kesan visual menjadi puisi sederhana.
i.     Setelah selesai membuat puisi, secara berpasangan siswa diminta untuk saling membaca puisi yang ditulis dan saling memberi masukan.
j.      Siswa memperbaiki puisinya berdasaran masukan teman.
k.   Siswa mendisplay puisi yang dibuat di dinding kelas.
l.     Siswa berkeliling membaca puisi karya teman-teman.
m. Siswa secara bersama-sama menentukan/memilih puisi yang paling baik.
n.   Siswa yang puisinya terbaik diberi penghargaan oleh guru dan diminta membacakan puisinya di depan kelas.
o.   Siswa yang puisi terbaik  diminta membacakan puisinya di depan kelas.

1.    Kegiatan Akhir (± 15 menit)

a.    Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.   Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa bagaiman perasaaan siswa belajar hari ini.
c.    Guru mengumpulkan puisi siswa dan menilainya.
d.   Tindak lanjut.

















Tes













Tes






















Tes






























Pengamatan





























Pengamatan

Tes Lisan












Asesmen Kinerja Proses







Asesmen kinerja psikomotor






























Pengamatan Perilaku Berkarakter


















Pengamatan




LP 1:Proses













LP2: Proses















LP 3: Produk































LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter



















LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial











2x 35 menit
· LKS SD: Kesan visual berdasarkan Pengamatan
· Kunci LKS
· LP 1: Produk
· LP 2: Proses
· LP 3: Psikomotor
· LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
· Tabel Spesifikasi Penilaian
· Silabus



















PENGELOLA BLOG INI

Benny Arifin Tiro
A.Akhmad Faizal S.Pd.
Admin

Anni Hidayati Sanggala,S.Pd.
Co. Admin 1

Kasmirah, S.Pd.
Co. Admin 2
E-Mail : sditellobaru@gmail.com