Tabel 1 Hasil Tes Awal
Nilai | Jumlah siswa | Presentase |
70 – 75 65 – 69 60 – 64 55 – 59 50 – 54 45 – 49 | 1 2 5 7 22 3 | 2,5 5 12,5 17,5 55 7,5 |
Jumlah | 40 | 100 |
Tabel 2 Hasil Ulangan Harian Akhir Siklus I
Nilai | Jumlah siswa | Presentase |
80 – 84 75 – 79 70 – 74 65 – 69 60 – 64 54 – 59 | 2 11 5 6 9 7 | 5 27,5 12,5 15 22,5 17,5 |
Jumlah | 40 | 100 |
Tabel 2 Hasil Ulangan Harian Akhir Siklus II
Nilai | Jumlah siswa | Presentase |
90 – 94 85 – 89 80 – 84 75 – 79 70 – 74 65 – 69 60 – 64 | 2 5 6 17 4 5 1 | 5 12,5 1,5 42,5 10 12,5 2,5 |
Jumlah | 40 | 100 |
FORMAT ANGKET UNTUK SISWA
Nama : …………………………………………………………..
Kelas : …………………………………………………………..
Tugas : Isilah dengan memberi tanda (X) pada kolom frekuensi
sesuai dengan kenyataan yang Anda alami terhadap
pernyataan ini.
Bagaimana tanggapan kamu tentang metode bermain peran dengan menggunakan mind map drawing sebagai model pembelajaran Apresiasi Seni Rupa yang digunakan bapak guru di kelas?
No | Pernyataan | Frekuensi | Jumlah | ||||
SS | S | TT | TS | STS | |||
1 2 3 4 | Menarik Mudah Lebih baik Penggunaan dianjurkan | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
| Presentase | | | | | | |
DAFTAR PERTANYAAN DALAM WAWANCARA
- Apakah kamu merasa santai atau rileks dalam mengikuti proses pembelajaran ini?
- Apa yang membuat kamu senang ketika proses pembelajaran ini?
- Alasan apa yang kamu merasa tidak senang dalam mengikuti proses pembelajaran ini?
- Apakah kamu merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru?
- Hambatan apa yang kamu rasakan ketika kamu tidak mampu menyelesaikan tugas sesuai jadwal yang ditentukan?
- Pengalaman baru apa yang kamu rasakan selama kamu mengikuti proses pembelajaran ini?
- Apakah kamu merasa tergugah semangatmu ketika mendapat penjelasan dan dorongan dari guru?
- Apakah kamu merasa percaya diri lebih berani mengungkapkan gagasan setelah mengikuti proses pembelajaran ini?
- Puaskah kamu dengan peran yang kamu lakukan?
- Bagaimana tanggapan dan saran kamu terhadap model pembelajaran yang sedang dilaksanakan ini?
LEMBAR PENGAMATAN
Mata Pelajaaran : Pendidikan Seni Rupa
Kompetensi Dasar : Menilai keunikan gagasan, bentuk, teknik, dan
bahan karya seni rupa di wilayah nusantara.
Nama : ................................
Kelas : .................................
Semester : .................................
Tahun Pelajaran : .................................
No | Materi Penilaian | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 | Skor |
1 | Kehadiran | | | | | | |
2 | Bertanya | | | | | | |
3 | Membaca referensi | | | | | | |
4 | Ketepatan waktu membuat MMD | | | | | | |
5 | Kelengkapan MMD | | | | | | |
6 | Kerjasama kelompok | | | | | | |
7 | Partisipasi kegiatan bermain peran | | | | | | |
8 | Hasil bermain peran | | | | | | |
Jumlah | |
Keterangan:
Skor : 5 = sangat baik/sering sekali
4 = baik/sewring
3 = cukup
2 = kurang/jarang
1 – sangat kurang/sangat jarang