Contoh Instrumen PTK


Tabel 1 Hasil Tes Awal

Nilai
Jumlah siswa
Presentase
70 – 75
65 – 69
60 – 64
55 – 59 
50 – 54
45 – 49
1
2
5
7
22
3
2,5
5
12,5
17,5
55
7,5
Jumlah
40
100


Tabel 2 Hasil Ulangan Harian Akhir Siklus I

Nilai
Jumlah siswa
Presentase
80 – 84
75 – 79
70 – 74
65 – 69
60 – 64 
54 – 59
2
11
5
6
9
7
5
27,5
12,5
15
22,5
17,5
Jumlah
40
100


Tabel 2 Hasil Ulangan Harian Akhir Siklus II

Nilai
Jumlah siswa
Presentase
90 – 94
85 – 89
80 – 84
75 – 79
70 – 74 
65 – 69
60 – 64
2
5
6
17
4
5
1
5
12,5
1,5
42,5
10
12,5
2,5
Jumlah
40
100



FORMAT ANGKET UNTUK SISWA
Nama        : …………………………………………………………..
Kelas        : …………………………………………………………..
Tugas        : Isilah dengan memberi tanda (X) pada kolom frekuensi     
                   sesuai dengan  kenyataan yang Anda alami terhadap  
                   pernyataan ini.

Bagaimana tanggapan kamu tentang metode bermain peran dengan menggunakan mind map drawing sebagai model pembelajaran Apresiasi Seni Rupa yang digunakan bapak guru di kelas?

No
Pernyataan
Frekuensi
Jumlah
SS
S
TT
TS
STS
1
2
3
4
Menarik
Mudah
Lebih baik
Penggunaan dianjurkan







Jumlah







Presentase









DAFTAR PERTANYAAN DALAM WAWANCARA
  
  1. Apakah kamu merasa santai atau rileks dalam mengikuti proses pembelajaran ini?
  2. Apa yang membuat kamu senang ketika proses pembelajaran ini?
  3. Alasan apa yang kamu merasa tidak senang dalam mengikuti proses pembelajaran ini?
  4. Apakah kamu merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru?
  5. Hambatan apa yang kamu rasakan ketika kamu tidak mampu menyelesaikan tugas sesuai jadwal yang ditentukan?
  6. Pengalaman baru apa  yang kamu rasakan selama kamu mengikuti proses pembelajaran ini?
  7. Apakah kamu merasa tergugah semangatmu ketika mendapat penjelasan dan dorongan dari guru?
  8. Apakah kamu merasa percaya diri lebih berani mengungkapkan gagasan setelah mengikuti proses pembelajaran ini?
  9. Puaskah kamu dengan peran yang kamu lakukan?
  10. Bagaimana tanggapan dan saran kamu terhadap model pembelajaran yang sedang dilaksanakan ini?


LEMBAR PENGAMATAN


Mata Pelajaaran             :  Pendidikan Seni Rupa
Kompetensi Dasar          : Menilai keunikan gagasan, bentuk, teknik, dan
                                         bahan  karya seni rupa di wilayah nusantara.
Nama                                       :  ................................
Kelas                                       : .................................
Semester                                  : .................................
Tahun Pelajaran                        : .................................

No
Materi Penilaian
5
4
3
2
1
Skor
1
Kehadiran






2
Bertanya






3
Membaca referensi






4
Ketepatan waktu membuat MMD






5
Kelengkapan MMD






6
Kerjasama kelompok






7
Partisipasi kegiatan bermain peran






8
Hasil bermain peran






Jumlah


Keterangan:
Skor :  5 = sangat baik/sering sekali
            4 = baik/sewring
            3 = cukup
            2 = kurang/jarang
            1 – sangat kurang/sangat jarang





PENGELOLA BLOG INI

Benny Arifin Tiro
A.Akhmad Faizal S.Pd.
Admin

Anni Hidayati Sanggala,S.Pd.
Co. Admin 1

Kasmirah, S.Pd.
Co. Admin 2
E-Mail : sditellobaru@gmail.com