SILABUS
Nama Sekolah : SD Laboratorium
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energy, serta fungsinya
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan pembelajaran (Pengalaman belajar Siswa) | Materi Pembelajaran | Alokasi Waktu | Penilaian | Sumber/Alat/ Bahan | ||
Jenis | Bentuk | Contoh | |||||
Pengetahuan: Produk 1. Menjelaskan pengertian pesawat sederhana. 2. Menyebutkan bagian-bagian pengungkit. 3. Memberikan contoh setiap jenis pengungkit. Pengetahuan: Proses 1. Menggarisbawahi kata-kata penting dalam pengungkit. 2. Membedakan macam-macam pengungkit. 3. Mengklasifikasi jenis – jenis pengungkit. 4. Membuat hipotesis 5. Membuat simpulan berdasarkan data hasil percobaan. 6. Membuat peta konsep tentang pengungkit Psikomotor 1. Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara panjang lengan kuasa dengan besarnya kuasa. Afektif 1. Melakukan komunikasi: presentasi, bertanya, dan berpendapat. 2. Melakukan kerjasama. 2. | 1. Mendemonstrasikan membuka tutup kaleng. 2. Mendiskusikan bagian-bagian penggolongan pengungkit. 3. Menggolongkan jenis-jenis pengungkit. 4. Mendiskusikan contoh setiap jenis pengungkit 5. Melakukan ekaperimen untuk menemukan hubungan antara panjang lengan kuasa dengan besarnya kuasa. 6. Memodelkan penggunaan strategi belajar: menggarisbawahi dan membuat peta konsep | 1. Pengertian pesawat sederhana 2. Pengungkit dan contohnya dalam sehari-hari Lihat Buku Siswa Kelas V Bab 5 (terlampir) | Pertemuan pertama: 2x35 menit | · Tes · Unjuk kerja · Sikap | Pilihan ganda/subjektif Observasi Obersvasi | Lembar Penilaian (LP) 1 (terlampir) Tes Kinerja 1, 2, dan 3 Lembar Pengamatan keterampilan sosial | 1. Buku Siswa Kelas V Bab 5 Pesawat sederhana. 2. LKS 1: Membuka tutup kaleng. 3. LKS 2: Jenis-jenis pengungkit. 4. LKS 3: Semakin panjang semakin kecil. 5. LKS 4: Peta Konsep Pengungkit. 6. Lembar Penilaian: Produk dan proses, serta rubrik penilaian keterampilan sosial. 7. Kebutuhan untuk masing-masing kelompok sesuai dengan LKS 3 |
Pengetahuan : Produk · Menjelaskan pengertian bidang miring · Menyebutkan contoh pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari · Menggarisbawahi konsep -konsep penting dalam bidang miring. Pengetahuan: Proses · Melakukan penyelidikan bagaimana papan miring dapat membuat kerja lebih mudah. Afektif · Melakukan kerjasama dan komunikasi | 1. Tanya jawab tentang bagaimana cara kalian naik ke kelas di lantai 2 pada gedung bertingkat? 2. Membimbing siswa mengerjakan LKS 6. 3. Meminta siswa membaca buku siswa dan menemukan konsep-konsep penting 4. Meminta siswa mengerjakan soal-soal sesuai dengan LP nomor ... | 1. Pengertian bidang miring 2. Manfaat bidang miring dalam kehidupan sehari-hari Materi secara lengkap dapat dilihat pada Buku Siswa halaman.... | Pertemuan ke 2: 2x 35 menit | Tes Unjuk kerja Sikap | Pilihan ganda Observasi dengan menggunakan Rubrik penilaian | Terlampir pada Lembar Penilaian nomor | 1. Buku Siswa Kelas V Bab 5 Pesawat sederhana. 2. LKS 6: Bidang Miring. 3. Lembar Penilaian: Produk dan proses, serta rubrik penilaian keterampilan sosial. 4. Kebutuhan untuk masing-masing kelompok sesuai dengan LKS 6. |
Pengetahuan: Produk · Menjelaskan keutungan penggunaan katrol · Menjebutkan jenis-jenis katrol Kinerja/proses · Melakukan penyelidikan untuk membandingkan jenis-jenis katrol. · Sikap Melakukan komunikasi dan kerjasama | 1. Mendemonstrasikan LKS 7 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran 3. Membimbing siswa melakukan LKS 8 4. Meminta siswa mengerjakan soal formatif nomor ... 5. | 1. Macam-macam katrol 2. Manfaat karol Materi secara lengkap dapat dilihat pada Buku Siswa Kelas V Bab 5 (Halaman ... terlampir) | Pertemuan ke 3: 2x 35 menit | Tes Unjuk kerja Sikap | Pilihan ganda Observasi dengan menggunakan Rubrik penilaian. | Terlampir pada Lembar Penilaian nomor | 1. Buku Siswa Kelas V Bab 5 Pesawat sederhana. 2. LKS 7: Permainan tongkat. 3. LKS 8: Katrol. 4. Lembar Penilaian: Produk dan proses, serta rubrik penilaian keterampilan sosial. 5. Kebutuhan untuk masing-masing kelompok sesuai dengan LKS 7 dan LKS 8. |