RPP Kelas V

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1

Satuan Pendidikan      :     Sekolah Dasar
Mata Pelajaran           :     IPA
Kelas/Semester          :     V/2
Alokasi Waktu            :     2 x 35 menit

A.     Standar Kompetensi
5.   Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
                       
B.     Kompetensi Dasar
5.2. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif: Produk
1.    Menjelaskan pengertian pesawat sederhana.
2.    Menyebutkan bagian-bagian pengungkit.
3.    Memberikan contoh jenis-jenis pengungkit.

Kognitif: Proses
1.       Menggarisbawahi kata-kata penting dalam pengungkit.
2.       Membedakan macam-macam pengungkit.
3.       Mengklasifikasi jenis-jenis pengungkit.
4.       Membuat hipotesis.
5.       Membuat simpulan berdasarkan data hasil percobaan.
6.       Membuat peta konsep tentang pengungkit.

Psikomotor
  1. Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara panjang lengan kuasa dengan besarnya kuasa.

Afektif
1.      Melakukan komunikasi: presentasi, bertanya, dan berpendapat.
2.      Melakukan kerjasama.

D.     Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan: Produk
1.       Dengan tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian pesawat sederhana sesuai dengan kriteria/kunci yang ditetapkan.
2.       Dengan diberikan gambar pengungkit, siswa dapat menyebutkan 3 bagian-bagian pengungkit.
3.       Dengan tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan 2 contoh untuk setiap jenis pengungkit.

      Pengetahuan: Proses
1.       Dengan diberikan bacaan tentang pengungkit, siswa dapat menggarisbawahi konsep-konsep. penting tentang pengungkit sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan.
2.       Dengan diberikan gambar berbagai macam pengungkit, siswa dapat membedakan 3 macam pengungkit.
3.       Dengan diberikan masalah, siswa dapat merumuskan hipotesis sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan.
4.       Dengan diberikan data hasil percobaan, siswa dapat membuat simpulan hubungan lengan kuasa dan besarnya kuasa sesuai dengan kunci jawaban.
5.       Dengan diberikan bagan peta konsep, siswa dapat melengkapi isian peta konsep tentang pengungkit sesuai dengan kunci jawaban.

Psikomotor
1.      Dengan diberikan berbagai alat dan bahan, siswa dapat melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara panjang lengan kuasa dengan besarnya kuasa sesuai panduan yang diberikan

Afektif
1.       Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat.
2.       Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok.
                                                                    
E.      Materi Pembelajaran: Pengungkit (Lihat Buku Siswa Kelas V Bab 5 halaman ..., terlampir).
Pesawat sederhana adalah alat yang memudahkan pekerjaan manusia.
Pengungkit merupakan salah satu jenis pesawat sederhana.
Dalam pengungkit ada titik tumpu, lengan kuasa, titik beban, lengan beban, dan titik kuasa.
Pengungkit berdasarkan letak titik tumpunya dibedakan menjadi 3 yakni pengungkit jenis 1, 2 dan 3.
Semakin panjang lengan kuasa yang kita gunakan untuk mengangkat beban, semakin kecil kuasa yang kita gunakan untuk mengangkat beban tersebut.

F.      Metode Pembelajaran
1.       Model       : Pembelajaran  kooperatif.
2.       Metode     : Diskusi, pemberian tugas, presentasi.
                                                              
G.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
(waktu)
Fase
Kegiatan Guru
Terlaksana/
Tidak
Pendahu-luan
(10 menit)
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Memotivasi siswa: Mendemonstrasikan cara membuka tutup kaleng seperti pada LKS 1.
Guru berrtanya pada siswa: Apakah panjang pendeknya sendok mempengaruhi gaya yang diperlukan untuk membuka tutup kaleng?
Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti (60 menit)
Menyajikan informasi
Memberikan informasi: Pengertian pesawat sederhana berdasarkan hasil demonstrasi membuka tutup kaleng.
Meminta siswa membaca buku siswa halaman 1-3 dan menggarisbawahi kata-kata kunci/penting.


Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
Membentuk 6 kelompok belajar: anggota kelompok beragam (dari segi kemampuan, jenis kelamin, dan ras) dan membagikan LKS 2 dan LKS 3

Membimbing kelompok
Membimbing kelompok: mengawasi saat kelompok mengerjakan LKS. 
Membimbing presentasi: membimbing kelompok terpilih) untuk mempresentasikan kerja kelompoknya.
Sambil membimbing kerja kelompok dan presentasi siswa, guru menilai sikap siswa dengan panduan rubrik penilaian.
Membimbing kelompok menjawab masalah sesuai dengan simpulan yang telah diperoleh.
Membimbing siswa membuat peta konsep tentang pengungkit, seperti LKS 4.

Evaluasi
Meminta siswa mengerjakan Lembar Penilaian 1 dan LP Kinerja 1.
Menentukan kelompok yang memiliki kinerja terbaik.

Penutup (10 menit)
Penghargaan
Memberikan penghargaan (misalnya dalam bentuk pujian) terhadap kelompok yang kinerjanya baik



Merangkum: membantu siswa merangkum hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan (lihat tujuan).


H.     Penilaian Hasil Belajar                           
1.       Penilaian produk: Lembara Penilaian 1.
2.       Penilaian Kinerja: membuat hipotesis, melakukan penyelidikan, membuat simpulan, dan peta konsep.
3.       Penilaian sosial: melakukan komunikasi dan kerjasama

I.        Sumber Pembelajaran
1.       Buku Siswa Kelas V Bab 2 Pesawat sederhana.
2.       LKS 1: Membuka tutup kaleng.
3.       LKS 2: Jenis-jenis pengungkit.
4.       LKS 3: Semakin panjang semakin kecil.
5.       LKS 4: Peta Konsep Pengungkit.
6.       Lembar Penilaian 1: Produk dan proses.
7.       Lembar Penilaian Kinerja 1: Penggolongan Pengungkit.
8.       Lembar Penilaian Kinerja 2: Menemukan Konsep-Konsep penting
9.       Lembar Penilaian Kinerja 3: Melakukan Penyelidikan.
10.   Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial beserta rubrik penilaian keterampilan sosial.
11.   Kebutuhan untuk masing-masing kelompok sesuai dengan LKS 3.

                                                                                                                                         
                                                                                          
PENGELOLA BLOG INI

Benny Arifin Tiro
A.Akhmad Faizal S.Pd.
Admin

Anni Hidayati Sanggala,S.Pd.
Co. Admin 1

Kasmirah, S.Pd.
Co. Admin 2
E-Mail : sditellobaru@gmail.com