RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                          : SD …..
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                                 : V/1
Alokasi Waktu                                    : 2 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi  
Memahami pentingnya keutuhan Negara kesatuan republik Indonesia     
B.   Kompetensi Dasar
     Mendiskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
:
C.   Indikator
  1. Kognitif          :
Produk:
a.    Mengidentifikasi berbagai simbol pemersatu kenegaraan RI
b.    Menganalisis jumlah pulau Indonesia dibandingkan dengan jumlah pulau Negara lain untuk menunjukkan besarnya Negara Indonesia.
c.    Mendaftar propinsi di Indonesia untuk menunjukkan potensi dan permasalahannya.
d.    Menemutunjukkan wilayah maritim/perairan Indonesia.
e.    Membandingkan luas wilayah Negara Indonesia dengan Negara lain.
f.     Menemukan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sengketa perbatasan dengan Negara tetangga.
Proses:
a.    Menemukenali jumlah pulau di Indonesia dibandingkan dengan Negara lain
b.    Menemukenali jumlah propinsi dan karakteristiknya.
c.    Menemukenali wilayah maritim/perairan Indonesia.
d.    Menemutunjukkan batas wilayah Negara Indonesia.pada peta Indonesia.
e.    Menemutunjukkan luas wilayah Negara Indonesia pada peta dunia
2.  Afektif :
a. Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: cinta tanah air, bangga berbangsa menjadi bangsa Indonesia, persatuan dan kesatuan.
b.  Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, berpikir kreatif dan sistematis.
3.  Psikomotor
a. Menunjukkan dengan tepat wilayah Indonesia pada peta wilayah, terutama berbatasan dengan Negara lain.

D.    Tujuan Pembelajaran (TP):
1.  Kognitif
Produk:
a.    Melalui kegiatan brainstorming dan pengenalan berbagai gambar simbol, siswa SD kelas V dapat mengidentifikasi 5 simbol pemersatu kenegaraan RI
b.    Disediakan daftar jumlah pulau Indonesia, siswa SD kelas V dapat membandingkan jumlah pulau di Indonesia dengan negara lain.
c.    Disediakan daftar propinsi Indonesia, siswa SD Kelas V mendaftar 33 jumlah propinsi di Indonesia untuk menemukan potensi dan permasalahan propinsi.
d.    Disediakan peta wilayah perairan Indonesia, siswa SD Kelas V dapat menemutunjukkan wilayah maritim/perairan Indonesia.
e.    Disediakan peta wilayah Indonesia, siswa SD Kelas V dapat menemutunjukkan batas wilayah Negara Indonesia pada peta Indonesia tersebut.
f.     Disediakan daftar luas wilayah berbagai negara, siswa SD kelas V menunjukkan rangking luas wilayah Indonesia di antara negara-negara di dunia.
g.    Ditugasi untuk membuat kliping atau sumber dari internet, siswa SD kelas V menemukan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sengketa perbatasan dengan Negara tetangga.

Proses:
a.    Disediakan peta wilayah Indonesia, siswa Kelas V SD dapat menunjukkan pulau-pulau besar yang ada di Indonesia.
b.    Disediakan peta wilayah Indonesia, siswa Kelas V SD dapat menunjukkan pada peta, wilayah maritim/perairan Indonesia.
c.    Disediakan peta wilayah Indonesia, siswa Kelas V SD dapat menunjukkan batas wilayah Negara Indonesia.
2.    Afektif
a.    Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sambil mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: teliti,cinta tanah air, bangga berbangsa Indonesia, persatuan dan kesatuan.
b. Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa sambil mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal, berpikir kreatif dan sistematis.

3.    Psikomotor
a.    Disediakan peta Indonesia siswa mampu menunjukkan dengan tepat wilayah Indonesia
b.    Disediakan peta Indonesia dan peta dunia dengan skala yang sama siswa mampu menunjukkan dengan tepat luas wilayah Indonesia dibandingkan dengan Negara lain.
E.     Materi Pembelajaran                            : Negara Kesatuan Republik Indonesia
. 1. Wilayah negara RI dan batas batas wilayah
Propinsi di Indonesia
2.     
F.     Metode Pembelajaran             :
              a.      Kerja Kelompok
              b.      Penugasan
              c.      Tanya jawab


G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pelaksanaan
1.    Kegiatan Awal (15 menit)
a.      Pengkondisian kelas (mempersiapkan siswa untuk siap belajar)
b.      Apersepsi:
-            Memberikan motivasi dengan meminta siswa menyanyikan lagu DARI SABANG SAMPAI MERAUKE (menumbuhkan cinta tanah air dan bangga berbangsa indonesia).
-            Membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan: Siapa yang tahu nama apa Sabang dan Merauke itu? Dimana letaknya? (menyumbangkan ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal, berpikir kreatif dan sistematis).
-            Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan siswa.



2.    Kegiatan Inti (40 menit)
       a.      Siswa secara berkelompok mengiden-tifikasi jumlah pulau di Indonesia (menyumbang ide).

       b.      Siswa secara kelompok bekerjasama mendaftar 33 propinsi sejak awal kemerdekaan hingga sekarang.
       c.      Siswa secara Individu berani menunjukkan pada peta di depan kelas.
       d.      Siswa secara berkelompok menunjukkan pada peta dengan teliti menemutunjukkan wilayah maritim/perairan Indonesia.
       e.      peta wilayah Indonesia, siswa SD Kelas V dapat menemutunjukkan batas wilayah Negara Indonesia.pada peta Indonesia tersebut.
        f.      Disediakan peta wilayah Indonesia, siswa SD Kelas V dapat menemutunjukkan batas wilayah Negara Indonesia pada peta Indonesia tersebut.
       g.      Siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil kerja di depan kelas secara bergantian (berlatih berkomunikasi secara verbal dan yang lain menjadi pendengar yang baik).
      h.      Secara berkelompok siswa mengkaji berbagai kliping/sumber dan internet, siswa SD kelas V menemukan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sengketa perbatasan dengan Negara tetangga

3.    Kegiatan Akhir (15 menit)
         a.    Siswa menyanyikan lagu satu nusa satu bangsa (bangga berbangsa Indonesia)
         b.    Siswa bersama-sama menyimpulkan hasil kegiatan dan meminta siswa mencatat hasil rangkuman secara individu (melatih tanggung jawab, kejujuran, ketelitian).
         c.    Siswa mengerjakan tes proses dan tes tertulis, melatih tanggung jawab dan kejujuran.
         d.    Siswa menyampaikan tanggapan (melakukan umpan balik/refleksi) tentang pelaksanaan pembelajaran hari ini dengan jujur dan berjanji membantu teman sebaya yang masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran.
         e.    Guru memberikan penghargaan kepada individu maupun kelompok yang hasil kerjanya bagus agar siswa percaya diri.
          f.    Guru memberikan tindak lanjut agar siswa secara individu menemukan pesan moral dan membuat puisi yang menunjukkan cinta tanah air (melatih berpikir kreatif dan mandiri).


                

H.   Sumber Belajar     :
a.      KTSP 2006/Kurikulum Sekolah Mitra,
b.      Standar Isi Mata Pelajaran PKn Sekolah Dasar.
c.      Rikayani, Endang Abdullah. 2009, Pendidikan Kewarganegaraan 5 untuk SD dan MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
   e.   http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_provinsi_Indonesia
f.    Peta wilayah Indonesia
g.   Peta perairan Indonesia
h. Peta dunia
i. Lembar kerja siswa.

I.       Penilaian               : .....................................
a.      Penilaian proses
Kriteria penilaian :             Persiapan                             0 - 10
                                          Pelaksanaan                        0 - 40
                                          Kegiatan akhir                      0 - 30
                                                 
·         Tes tertulis
Kriteria penilaian
Uraian tiap butir =   10
·         Unjuk kerja
·         Produk
·         Afektif: lembar pengamatan

1.   Tes tertulis
      Soal Tes Tertulis
a.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1)   Pada awal kemerdekaan , wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia meliputi propinsi…. jumlah propinsi sekarang ini ada….propinsi..
2)   Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan tanggung jawab …
3)    Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik adalah bunyi UUD 1945 pasal …
4)    Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah …
6)    Dalam sistem pemerintahan presidensil menteri bertanggung jawab kepada …
… dan seterusnya….

b.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
      1)   Jelaskan konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia ?
      2)   Jelaskan apa yang dimaksud dengan wawasan nusantara ?
                  3)   Ceritakan upaya menjaga persatuan dan kesatuan ?
      4)   Sebutkan 3 contoh hidup rukun di lingkungan sekolah ?
5) Kemukakan berbagai peristiwa sengketa yang berbatasan dengan negara lain ?
………..dan seterusnya….



LEMBAR KERJA SISWA


Tujuan:
Menemutunjukkan simbol kenegaraan Republik Indonesia.
Alat dan Bahan:
Bendera, Gambar, Garuda Pancasila.Bahasa, Semboyan
Masalah:
     1. Dari bacaan yang ada, tunjukkan 5 hal yang menjadi simbol kenegaraan Republik Indonesia
    

Nama kelompok       : …………………..
Anggota         :
1. ……………………………………………….
2. ……………………………………………….
3. ……………………………………………….
Daftar Pustaka:

Kunci Lembar Kerja
1.    Bendera: Merah Putih
2.    Ideologi : Pancasila
3.    Bahasa: Bahasa Indonesia
4.    Lagu: Indonesia Raya
5.    Semboyan: Indonesia Raya






LEMBAR KERJA SISWA


Tujuan:
Menemutunjukkan jumlah pulau di Indonesia.
Alat dan Bahan:
Peta Wilayah Indonesia.
Masalah:
1.    Tunjukkan daerah yang paling banyak jumlah pulaunya.
2.    Tunjukkan  pulau yang paling banyak belum mempunyai nama.
3.    Berapa jumlah pulau seluruhnya dan berapa yang belum mempunyai nama.


Nama kelompok       : …………………..
Anggota         :
1. ……………………………………………….
2. ……………………………………………….
3. ……………………………………………….
Daftar Pustaka:


Kunci LKS
Kepulauan Riau:  2.408 pulau
Maluku Utara:     1.349

Dan seterusnya…..

PENILAIAN PROSES (Kelompok)

1.. Tunjukkan luas wilayah negera RI pada peta di depan… 
2.  Tunjukan wilayah perairan negara RI.
…..
Dan seterusnya…
Nilai akhir                 =    x 100
Nama kelompok      =   …………………..
LEMBAR PENILAIAN
(Kognitif Proses)

Kelompok                 : …………………………………….
Nama Anggota        : …………………………………….
Kelas                         :  V

Perhatikan tayangan-tayangan Daftar Propinsi di Indonesia berikut:

Secara berkelompok: Buatlah tabel untuk mengurutkan luas wilayah negara RI dibanding dengan negara lain.
Kunci jawaban:
LEMBAR PENILAIAN
(Kognitif Produk)
Nama : …………………………………….
Kelas :  V

Kunci Jawaban:

LEMBAR PENILAIAN
(Psikomotor Produk)


Kelompok              : ……………………………
Nama Anggota     : ……………………………
   Kelas                      :  V

Tunjukkan pada Peta yang ada di depan kelas. Batas wilayah negara RI.

LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF

Kelompok        : …………………….
Ketua Kelompok: …………………….
Anggota           : 1…………………..
  2..…………………

NO.
Aspek yang Diamati
Skor Pengamatan
4
3
2
1
1
Partisipasi




2
Kerjasama




3
Antusias




4
Ide/Gagasan




5
Keberanian (Berkomunikasi dan bertindak)




6
Bangga berbangsa Indonesia





Keterangan:
4          = Bagus Sekali
3          = Bagus
2          = Cukup bagus
1          = Kurang bagus

MATERI  PELAJARAN
Lampiran:



a.    Simbol Negara kesatuan Republik Indonesia
1) Bendera Merah putih
2) Lambang : Garuda Pancasila
3) Motto: Bhinneka Tunggal Ika ”Berbeda-beda tetapi tetap satu”
4) Ideologi nasional : Pancasila
5) Lagu Kebangsaan: Indonesia Raya
6) Bahasa Resmi : Bahasa Indonesia

Ini adalah versi stabil, diperiksa pada tanggal 25 Agustus 2010. Ada perubahan templat/berkas menunggu peninjauan.
B. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara). Dengan populasi sebesar 237.556.363 jiwa pada tahun 2010 yang tersebar pada wilayah seluas 1.919.440 km2 (rangking 19 terluas di dunia), Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam Kepadatan penduduk 124 jiwa/Km2. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung. Ibukota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.
Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda, Indonesia menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. Selanjutnya Indonesia mendapat berbagai hambatan, ancaman dan tantangan dari bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat.
Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar. Semboyan nasional Indonesia, "Bhinneka tunggal ika" ("Berbeda-beda tetapi tetap satu"), berarti keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.
Jumlah pulau di Indonesia menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004 adalah sebanyak 17.504 buah. 7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama.
Rekapitulasi jumlah pulau di Indonesia tahun 2004
No
Provinsi
Jumlah pulau
Jumlah
Bernama
Belum bernama
1. Nanggoe Aceh Darussalam
205
458
663
2. Sumatra Utara
237
182
419
3. Sumatra Barat
200
191
391
4. Riau
73
66
139
5. Jambi
16
3
19
6. Sumatra Selatan
43
10
53
7. Bengkulu
23
24
47
8. Lampung
86
102
188
9. Kep. Bangka Belitung
311
639
950
10 Kep. Riau
1.350
1.058
2.408
11 DKI Jakarta
111
107
218
12 Jawa Barat
19
112
131
13 Jawa Tengah
47
249
296
14 DI Yogyakarta
22
1
23
15 Jawa Timur
232
55
287
16 Banten
48
83
131
17 Bali
25
60
85
18 Nusa Tenggara Barat
461
403
864
19 Nusa Tenggara Timur
473
719
1.192
20 Kalimantan Barat
246
93
339
21 Kalimantan Tengah
27
5
32
22 Kalimantan Selatan
164
156
320
23 Kalimantan Timur
232
138
370
24 Sulawesi Utara
310
358
668
25 Sulawesi Tengah
139
611
750
26 Sulawesi Selatan
190
105
295
27 Sulawesi Tenggara
361
290
651
28 Gorontalo
96
40
136
29 Maluku
741
681
1.422
30 Maluku Utara
125
1.349
1.474
31 Papua
301
297
598
32 Irian Jaya Barat
956
989
1.945

Total
7.870
9.634
17.504
Sumber: Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia
Distribusi Penduduk Indonesia
Pulau
Persentase
Pulau Jawa
58%
Pulau Sumatra
21%
Pulau Sulawesi
7%
Pulau Kalimantan
6%
Bali dan Nusa Tenggara
6%
Papua dan Maluku
3%

b.    Peta Indonesia
c.    BAHAN PENGAYAAN:

Perbandingan dengan blok-blok/negara-negara lain

Blok
Luas
km²
Penduduk
GDP (PPP)
juta $US
GDP (PPP)
per kapita

$US
Negara
anggota
Uni Eropa
4,422,773
456.285.839
11.064.752
24.249
25
4.400.000
553.900.000
2.172.000
4.044
10
17.715.335
366.669.975
2.635.349
7.187
12
21.588.638
430.495.039
12.889.900
29.942
3
29.797.500
850.000.000
1.515.000
1.896
53
Negara
besar
Pembagian
politik
3.287.590
1.102.600.000
3.433.000
3.100
35
9.596.960
1.306.847.624
7.249.000
5.200
33
9.631.418
296.900.571
11.190.000
39.100
50
9.984.670
32.507.874
958.700
29.800
13
17.075.200
143.782.338
1.282.000
8.900
89
Sumber: CIA World Factbook 2004, IMF
http://id.wikipedia.org/wiki/Uni_Eropa#Perbandingan_dengan_blok-blok.2Fnegara-negara_lain

Lampiran Materi Bahan untuk Memotivasi Siswa

Daftar negara menurut luas wilayah

Negara-negara berikut disusun menurut luas wilayah, termasuk provinsi-provinsi di luar tetapi tidak termasuk daerah kekuasaan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_luas_wilayah

 


PENGELOLA BLOG INI

Benny Arifin Tiro
A.Akhmad Faizal S.Pd.
Admin

Anni Hidayati Sanggala,S.Pd.
Co. Admin 1

Kasmirah, S.Pd.
Co. Admin 2
E-Mail : sditellobaru@gmail.com