Apa itu KKG BERMUTU?

BERMUTU

Tahun 2008, Departemen Pendidikan Nasional meluncurkan program BERMUTU (Better Education trought Revormed Management and Universal Teacher Upgrading). Program ini dirancang hingga tahun 2013 di 75 kabupaten/kota di 16 propinsi, dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran. Subjek BERMUTU meliputi KKG BERMUTU (guru) , KKKS BERMUTU (kepala sekolah) dan KKPS BERMUTU (pengawas)

Sebagai kepanjangan tangan dari Departemen Pendidikan Nasional, LPMP menjadi lembaga yang paling bertanggung jawab terhadap keberhasilan program ini . Selain itu,program ini dibiayai APBN dan APBD yang jumlahnya tidak sedikit, sehingga perlu ada partisipasi masyarakat dalam mengawasinya.

KKG BERMUTU Sampai saat ini program BERMUTU di Kabupaten Karawang sudah berjalan tiga tahun. Tersebar di hampir seluruh kecamatan, baik KKG BERMUTU maupun KKKS BERMUTU. Perjalanannya sudah melewati separuh program, sehingga perlu melakukan evaluasi-evaluasi serius, baik terhadap pelaksanaan program maupun epektifitas penggunaan dana. Ada beberapa tuntutan masyarakat sebagai stakeholder pendidikan. 

Pertama ; Terjadinya perubahan “perilaku profesi” guru dari perilaku asal-asalan menjadi serius. Perilaku asal-asalan menunjukkan kurangnya tanggung jawab terhadap peningkatan mutu pendidikan. Contohnya ; “asal ikut kegiatan” , “asal membuat atau mengerjakan tugas” , “asal datang ke sekolah” dan lainnya. Tidak peduli dengan keberhasilan yang dapat merubah paradigma pendidikan. Kedua ; Dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada anak didik, dengan professionalitas yang tinggi. 

Ketiga;Jajaran birokrasi pendidikan (Disdikpora),terutama Kepala Dinasnya, mampu meningkatkan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan program ini,agar tidak terjadi kegagalan alias ketidakberhasilan.Terus terang masyarakat masih menaruh sikap skeptic bahkan ada kesan meragukan kemampuan Kadisdikpora Karawang yang sekarang menjabat.


Menurut beberapa narasumber yang enggan di sebutkan jati dirinya di lokasi KKG BERMUTU”,Kedatangan Kadisdikpora ke lokasi KKG BERMUTU kurang memberikan apa yang di maksudkan kehadirannya secara umum.Apakah benar demikian?Tidak akan ada asap tanpa api.besar kemungkinan Ya.bab di lihat dari hasil KKG BERMUTU Karawang belumlah optimal apalagi sesuai aturan-aturan yang ada/Joker/Red.
PENGELOLA BLOG INI

Benny Arifin Tiro
A.Akhmad Faizal S.Pd.
Admin

Anni Hidayati Sanggala,S.Pd.
Co. Admin 1

Kasmirah, S.Pd.
Co. Admin 2
E-Mail : sditellobaru@gmail.com