Belajar Komputer


A.  PENGENALAN KOMPUTER

Istilah komputer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilakukan oleh komputer merupakan proses hitungan, baik yang ditampilkan pada layar monitor, suara, gambar, dll.
Komputer berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar, mengoperasikan karya ilmiah, simulasi, dan untuk kontrol peralatan.
Jenis-jenis computer :
a.       Superkomputer
Superkomputer merupakan komputer yang memiliki kecepatan proses paling hebat, yaitu 1,3 triliyun intruksi perdetik. Komputer ini digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya peramalan cuaca dan perancangan roket.
b.        Mainframe atau Komputer Besar
Mainframe adalah komputer yang sangat besar dengan kecepatan 50 sampai 20.000 MFLOPS,  komputer ini berguna dalam menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar.
c.        Minicomputer atau komputer kecil
Minicomputer sering disebut sistem midrange, merupakan mesin besar yang berdaya guna (powerfull). Biasanya melayani jaringan dengan terminal yang sederhana sebagai server di suatu perusahaan menengah. Minikomputer memiliki kecepatan 3-1.000 MLOPS.
d.       Workstation atau terminal kerja
Workstation merupakan mesin yang powerfull dan mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit, komputer ini memiliki kecepatan 50-500 MLOPS.
e.        Mikrokomputer
Mikrokomputer  dikenal dengan personal komputer/komputer pribadi, merupakan komputer yang murah, dibuat secara banyak/massal, dengan kecepatan 1-50 MLOPS.  Mikrokomputer dibedakan menjadi :
f.         Mikrokontroler
Mikrokontroler  disebut juga Embedded Computer, yaitu suatu mikroprosesor yang berkuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronik cerdas, mobil, lift. Mikrokomputer memiliki keunggulan yaitu dapat membuat peralatan dapat diprogram.
1.       Personal Computer dan Komponen Pendukungnya, meliputi :
a.       Monitor
Monitor merupakan layar yang digunakan untuk menampilkan program dan data yang sedang diproses.
b.       Keyboard
Keyboard merupakan papan ketik yang berguna untuk memberi perintah pada komputer.
c.        Mouse
Mouse merupakan sebuah peralatan digunakan sebagai pointing device yaitu untuk mengklik menu atau tombol yang ditampilkan dalam layar.
d.       Casing
Casing berisikan banyak perangkat yang digunakan untuk pemrosesan, seperti hardisk, RAM, CD/DVD Drive, processor, mainboard, dll.
e.        Speaker
Speaker adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan suara.
f.         Printer
Printer merupakan perangkat yang digunakan untuk mencetak data kedalam dokumen kertas.
g.        Scanner
Scanner merupakan perangkat yang digunakan untuk memindai gambar atau tulisan
1.       Merangakai Console System Unit, Monitor, Keyboard, dan Mouse
Suatu personal komputer terdiri dari beberapa pendukung yakni  monitor, keyboard, mouse, dan sistem unit yang terdapat dalam CPU. Hal yang pertama harus anda kuasai adalah memahami bentuk dan kegunaan port-port di bagian belakang casing. Port-port tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara unit sistem dengan piranti di luar.
Port dikelompokkan menjadi,
a)       Port Serial, yang digunakkan untuk melakukan tranmisi data, memiliki sifat pengiriman yang lambat yaitu 1 bit/sekon. Konektor yang digunakkan adalah RS 232C dengan jumlah pin 9 pin atau 25 pin.
b)       Port Parallel , memiliki sifat pengiriman yang cocok untuk pengiriman data yang cepat yaitu,  8 bit/sekon. Port ini terdiri dari 25 pin.
c)       Port USB, dapat digunakkan untuk menghubungkan banyak piranti, seperti kamera digital, scanner, printer dll. Port USB lebih cepat dibanding port serial ataupun port parallel. Port ini terbagi menjadi dua, yaitu
a.       Male Connector, steker dengan sejumlah pin yang memiliki bagian yang menonjol untuk konektivitas dan pasangannya.
b.       Female Connector, sebuah plug atau socket yang memiliki receptacles.
d)       Port Infrared, digunakkan untuk mendukung hubungan tanpa kabel.
2.       Hal kedua yang perlu anda lakukan adalah memasang kabel-kabel sehingga komputer dapat dinyalakan. Setelah anda menghubungkan masing-masing kabel ke dalam port yang sesuai, perlu diperhatikan instalasi pendukung khusus yang menghubungkan ke arus listrik. Cara ini dilakukan untuk menghindari adanya kejutan listrik atau pemadaman listrik yang mendadak. Peralatan tersebut antara lain,
a)       Pelindung Kejutan, peralatan yang berfungsi untuk melindungi komputer dari lonjakan tegangan.
b)       Regulator Tegangan, peralatan yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik.
c)       UPS (Uninteruptible power supply), peralatan yang memiliki baterai yang dapat menggantikan sumber daya listrik utama ketika sumber listrik tersebut mengalami kegagalan.

B.       PRAKTIK MENGGUNAKKAN KOMPUTER
Dalam memgoperasikan komputer ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu
a.       Menghidupkan dan Mematikan Komputer.
b.       Berilah Komputer Waktu 15-30 Detik Untuk Beristirahat.
c.        Jangan Tergesa-gesa
Prosedur dalam mengoperasikan komputer dengan baik dan benar adalah, sebagai berikut :
a.       Menyalakan Komputer
a)       Pastikan semua kabel terhubung dengan konektornya.
b)       Nyalakan komputer dengan menyalakan catu daya atau menekan tombol ON
c)       Tunggu hingga proses booting selesai, sampai muncul desktop.
Booting adalah suatu program yang berisi perintah siap pakai yang difungsikan untuk memulai, memeriksa, dan mengomunikasikan dengan diskdrive, keyboard, dan monitor. Perintah ini disebut BIOS (Basic Input Output Sistem).
Booting dibedakan menjadi dua, yaitu :
a.       Cold booting, yaitu merupakan cara untuk menyalakan komputer dari proses awal, yaitu saat dimana komputer masih dalam keadaan OFF. Cara melakukan cold booting dengan cara menekan tombol CPU pada posisi ON.
b.       Warm booting, proses menjalankan komputer dari komputer yang sudah dalam keadaan ON. Warm booting dilakukan bila cold booting mengalami kegagalan, cara ini dikenal dengan cara me-reset. Cara menjalankan Warm booting adalah menekan tombol Ctrl+Alt+Del setelah proses booting selesai, akan tampil desktop pada layar monitor.
b.       Mematikan Komputer
Langkah mematikan komputer ada dua, yaitu
1)       Jika sudah ada sistem computer
Pada Windows XP :  Klik Start pada desktop > Pilih dan klik Turn Off Computer > Klik Turn Off
2)       Jika pada komputer tidak ada sistem operasi yang dijalankan, tekan dan tahan saja tombol power yang ada pada CPU hingga komputer mati.
c.        Melakukan Stand By
Kelebihan komputer saat melakukan stand by adalah dapat dinyalakan kembali dengan cepat dan tidak membutuhkan energi yang besar. Langkah melakukan stand by pada Windows XP adalah : Pilih dan klik Start pada menu utama > Pilih Turn Off  > Klik Stand By
d.       Melakukan Restart
Restart adalah perintah yang digunakkan untuk mereset kembali komputer dengan booting.
Langkah melakukan restart, Pilih dan klik Start pada tampilan menu utama > Pilih Turn Off > Klik Restart

C.       PERANGKAT LUNAK DAN BEBERAPA PROGRAM APLIKASI.
Software berfungsi untuk :
a.       Mengidentifikasi program,
b.       Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien, dan
c.        Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh komputer dapat terkontrol.
                     I.            Macam-macam Perangkat Lunak dan Fungsinya
Perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara user dan perangkat keras. Perangkat lunak dibagi menjadi :
    a). Sistem operasi
Sistem operasi berperan sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Sistem operasi dibuat untuk melakukan semua tugas-tugas penting, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat dijalankan bersamaan dengan lancar.
Fungsi utama sistem operasi menurut Agung Setiawan, adalah
a)       Menyimpan program dan aksesnya,
b)       Merekam sumber data
c)       Memeriksa kesalahan sistem, dll
Sistem operasi utama yang digunakkan komputer sistem umum diantaranya adalah :
a)       Ms-DOS (Microsoft Disk Operating System) dan PC-DOS (Personal Computer Disk Operating Sistem)
b)       Windows
c)       Novell Net Ware
d)       OS/2
e)       UNIX
f)        Linux
                    b). Bahasa Pemrogaman
                 Perangkat lunak bahasa pemrogaman merupakan program yang digunakkan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program kedalam bahasa mesin agar dapat dimengerti komputer.
                     Penerjemah bahasa pemrograman dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
a. Asembler, digunakkan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan  (assembly) ke  dalam bahasa mesin.
     b. Kompiler, penerjemah yang mengkonversi semua kode sumber selain dalam bahasa  rakitan kode objek. Hasil inilah yang dijalankan komputer. Proses ini disebut kompilasi.
     c. Interpreter, menerjemahkan satu persatu intruksi dalam kode sumber kemudian menjalankan intruksi yang telah diterjemahkan tersebut.
Empat macam bahasa komputer, yaitu
a.     Bahasa mesin, termasuk  bahasa rendah, karena sifat bahasa mesin lebih berorientasi pada mesin.
b.     Bahasa assembly, yaitu bahasa pemrograman yang menggunakkan bahasa rakitan, berguna untuk mengambil informasi yang dituliskan programmer.
c.      Bahasa tingkat tinggi, bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam.
Yang termasuk bahasa tingkat tinggi adalah :
                     a). BASIC (Beginner All-purposes Symbolic Instruction Code).
     Diciptakan oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz pada tahun 1965 di Darmouth College. Keunggulan BASIC terletak pada kemudahan dalam pemakaiannya. Sedang kelemahannya adalah tidak cocok untuk aplikasi bisnis.
                     b). LOGO
     Ditemukan pada tahun 1967  oleh Seymour Papert dengan menggunakkan LISP, yaitu sejenis pemrograman untuk kecerdasan buatan.
Contoh lain dari bahasa tingkat tinggi adalah : COBOL (Common Business Oriented Language), PASCAL, Fortran (Formula translator), Algol (Algoritma Language), PL/1 (Programming Language), RPG (Report Program Generation), APL (Aritmathic Programming Language)
d.     Bahasa pemrograman generasi keempat, meliputi Microsoft Visual Basic, Visual J++, dan  Visual C++ yang dikembangkan dari keluarga besar bahasa tingkat tinggi untuk memudahkan pemrograman.
e.    Program Utility
     Utility adalah program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem.
Ø               Memformat disk, adalah tindakan yang dilakukan untuk menyiapkan disket atau hardisk agar dapat menyimpan data atau program.
Ø               Defragmenter disk, adalah suatu cara untuk menghilangkan fragmentasi (membuat berkas pada hardisk atau disket berserakan) yang akan mengakibatkan akses terhadap berkas menjadi lambat.
Ø               Program Anti Virus, yang digunakkan agar file tetap aman dari virus. Virus adalah penggalan kode yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyalin kode kemudian menempelkan ke berkas program yang dapat tereksekusi.
Ø               Program Pencadangan, artinya menyalin program atau data yang ada pada hardisk komputer ke piranti penyimpanan eksternal, agar sekiranya terjadi kerusakan hardisk, komputer membuat salinan tersebut dapat digunakan.
                   II.        Perangkat Lunak Aplikasi
                     Perangkat lunak aplikasi adalah subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Bedasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan menjadi :
a.  Perangkat lunak komersial, yaitu perangkat lunak yang harus dibeli. Ada hak ciptanya.
b.  Perangkat lunak domain-pubic, yaitu perangkat lunak gratis dan tidak ada hak ciptanya.
c.   Shareware, yaitu perangkat lunak yang bebas digunakkan untuk pengujian dan terkadang selamanya.
d.  Freeware, yaitu perangkat lunak yang gratis atau cuma-cuma.
e.   Free software, yaitu perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakkan oleh siapa saja dan bebas dikembangkan sendiri oleh pemakai.
f.    Open source, serupa dengan free software namun berbeda filosofinya.
                     Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi satu paket disebut suite aplikasi. Dibawah ini adalah golongan perangkat lunak untuk meningkatkan produktifitas kerja.
Ø                                                                                                                                           Software pengolah kata (word processing), adalah pengolah kata yang fungsi utamanya adalah membuat dokumen. Software ini mendukung fitur :
ð     Spelling checker, digunakkan untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan.
ð     Grammar checker, digunakkan untuk mengidentifikasi kesalahan pada tata bahasa.
ð     Thesaurus , digunakkan untuk mencari padanan kata.
Ø           Software Pengolah Grafis
                     Software pengolah grafis adalah perangkat lunak yang dapat digunakkan untuk mengolah berbagai macam gambar/grafik. Kelebihan dari program ini adalah dapat menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan perangkat lunak yang lain.
Ø           Software Persentase Grafik
                Software ini berguna untuk membuat bahan persentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan persentasi. Kegunaan software ini adalah untuk merancang suatu animasi dalam pembuatan slide untuk keperluan persentasi, membuat persentasi dari suatu produk, pelajaran, acara wisuda dsb., serta menampilkan slide-slide persentasi.
D.               Menjalankan Program Aplikasi
     Perangkat lunak adalah program. Program adalah deretan intruksi yang digunakkan untuk mengendalikan komputer agar komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki. Software aplikasi pada komputer adalah himpunan program komputer yang diperlukan dalam mengolah data.
1.    Menu dan Shortcut Program Aplikasi
        Menu adalah daftar pilihan perintah atau penuntun fasilitas yang tersedia untuk mengarahkan user dalam memilih proses yang akan dieksekusi. Dalam menu ini terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada menu bar. Menu bar adalah bar yang berisi menu (menu pulldown). Shortcut adalah perintah singkat yang biasanya berupa gambar dengan ikon.
Ø       Ikon adalah lambang kecil berupa gambar pada layar komputer, biasanya dipakai untuk melambangkan dokumen atau program lain dan diskdrive.
Ø       Background adalah latar belakang dari desktop
Ø       Taskbar adalah baris yang menampilkan program yang aktif.
Ø       Start digunakkan untuk menampilkan nama-nama program yang tersedia pada komputer.
Ø       Systray digunakkan untuk menginformasikan jam dan tanggal.
Langkah-langkah membuka aplikasi komputer,
a.       Perangkat Lunak Aplikasi Word Processing : Klik Start lalu All Programs, pilih Microsoft Word.
b.       Perangkat Lunak Persentasi PowerPoint : klik Start lalu Program, pilih Microsoft Office, klik Microsoft PowerPoint.
c.        Perangkat Lunak Spreadsheet : klik Menu Start, arahkan pada pilihan All Programs, klik Microsoft Office, kemudian klik Microsoft Excel.
d.       Perangkat Lunak Dekstop Publishing : klik Start > All Programs > CorelDRAW graphics suite X3 > klik CorelDRAW X3.

PENGELOLA BLOG INI

Benny Arifin Tiro
A.Akhmad Faizal S.Pd.
Admin

Anni Hidayati Sanggala,S.Pd.
Co. Admin 1

Kasmirah, S.Pd.
Co. Admin 2
E-Mail : sditellobaru@gmail.com